oleh

Kreatifitas Tanpa Batas Persit Kodim Sragen Dari Jualan Es Lilin Hingga Punya Galeri Kue

Foto : Kreatifitas Persit Kodim Sragen menunjukan hasil UMKM.

Kodim Sragen l Transindonews.com – Anggota Persit Kodim Sragen Ny. Maria Ulfa Raharjo istri dari Serma Joko Toto Raharjo Bati Bakti TNI Stafter Dim 0725/Sragen merupakan anggota Persit Kodim Sragen yang kreatif, inovatif dan inspiratif, hal ini terbukti dengan kerja kerasnya sebagai istri Prajurit TNI berhasil mendirikan rumah produksi kue dan Galeri Kue Masariku di Jl. Raya Ahmad Yani Nomor 72, Margomulyo-Ngawi.

Dengan kerja kerasnya tanpa mengesampingkan kewajiban sebagai istri Prajurit berhasil menciptakan lapangan kerja warga sekitar dengan produksi UMKM yang banyak diminati masyarakat. Berbagai macam-macam olahan kuliner kue yang berhasil membuat terpukau bagi yang pernah merasakan hasil olahannya. Karena untuk bahan-bahannya ia pilih sendiri apalagi pisang yang ia gunakan, ia dapatkan dengan mendatangi petani dan memilih sendiri untuk mendapatkan aroma dan rasa kue yang khas.

”Awal mula saya menggeluti usaha kue ini yaitu berawal dari tempat awal berdinas suami di Ambon Maluku, saat itu saya mengikuti suami tinggal di Asrama Yonif Raider 733/Masariku, disetiap pagi saya melihat Ibu-Ibu berjualan kue keliling di Asrama, dari situlah saya mulai penasaran dan mencoba- coba tetapi hanya untuk konsumsi sendiri. Kemudian saat hamil anak kedua dan diberikan ijin cuti melahirkan di Jawa, sambil mengisi waktu luang, saya mencoba mempraktekan lagi hal yang pernah saya lakukan saat di Asrama dulu. Dari mulai membuat jajanan es pensil/es lilin yang saya setorkan ke kantin-kantin Sekolahan di sekitar Desa saya ini. Seiring berjalannya waktu dengan mengikuti pelatihan dan kursus membuat kue dan roti serta mempraktekannya juga mengkombinasikan bahan satu dengan yang lainya atau memodifikasi resep dari tempat kursus, hinga jadilah Kue Masariku Khas Ngawi buatan saya ini” ucap Ulfa saat ditemui di rumahnya Dk. Pilangrejo Ds. Jatigembol.(Minggu 07/03/2021).

Untuk memilih nama Masariku ia ambil dari nama Batalyon tempat tugas suaminya dulu, yaitu Yonif Raider 733/Masariku yang berada di Ambon Maluku, Masariku merupakan nama seekor burung khas Indonesia Timur, meskipun burung tersebut kecil namun lincah, selain hidup di darat burung tersebut juga bisa mencari makan di air, filosofi itulah yang diambil untuk usaha Ulfa dengan maksud dan harapan sebagai UMKM dapat hidup dan berkembang di kalangan menengah kebawah dan kalangan menengah keatas.

Dengan berbagai hasil olahan kue seperti Bolen Pisang Coklat Keju, Bolen Nanas Coklat, Bolen Nangka dan Bolen Durian, serta Lapis Mocca, Lapis Double Choco, Lapis Choco Cheese, Lapis Choco Pandan, Lapos Bolu Pisang, dan Lapis Tape, Bolen Masariku dan Lapis Gading Masariku Khas Ngawi yang menjadi produk unggulan UMKM Ulfa, karena memang rasa dan aromanya khas yang belum tentu orang lain bisa menirunya.

”Dengan banyaknya pesanan dari konsumen, akhirnya dari perjalanan panjang sekitar kurang lebih 6 tahun dengan cara kami jualan dengan menitipkan kepedagang-pedangang kecil di sekitar Ngawi dan Madiun serta mencari mitra reseller di beberapa Kota, Alhamdulillah berkat dukungan dan motivasi dari Komandan Kodim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P beserta Ketua Persit KCK Cabang XLVI Kodim Sragen Ny. Ayu Anggoro, saat ini kami sudah bisa membuka toko Galeri Kue Masariku di pusat kota Ngawi tepatnya d Jl. Raya Ahmad Yani Nomor 72, Margomulyo-Ngawi” Paparnya.

”Harapan kami kepada pelaku UMKM tidak perlu minder dengan segala persaingan yang ada dengan niat yang tulus dan iklas dan konsisten dengan usaha kita maka akan terbuka jalan dan peluang bagi kita” pungkasnya.

Pewarta : Harun

Banner IDwebhost