oleh

Pengurus Pusat BRIGNAS RI Membangun Sinergi Dengan KAPOLRI Mendukung 5 Program Prioritas Presiden Ir.H. Joko Widodo Tahun 2023

Keterangan poto : Direktorat Sosbud Intelkam Mabes Polri menerima audiensi Pengurus Pusat (PP) BRIGNAS RI ( Brigade Nasional Republik Indonesia) Selasa, 28 Maret 2023,By : Mbh Syam/ Editor : yoel

Jakarta // TRS | Kepala Polisi Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. LISTYO SIGIT PRABOWO, M.Si melalui Direktorat Sosbud Intelkam Mabes Polri Menerima Audiensi Pengurus Pusat (PP) BRIGNAS RI ( Brigade Nasional Republik Indonesia hari ini Selasa, 28 Maret 2023 pukul 14.00 wib.

Hadir pada Audiensi tersebut dari Jajaran Pengurus Pusat (PP) BRIGNAS RI,

Ketua Umum Dadang Batra Sunda Wijaya, Bendahara Umum Catur Wibowo Nugroho, Wakil Bendahara Umum Sahda Syaikah Putri, Deputi II Pemberdayaan Herlina Yati Topia, Koordinator Nasional Muchamad Yusuf Habiby dan Koordinator Wilayah se Bali Nusa Teuku Imran SS,

Dadang Batra Sunda Wijaya Ketua Umum BRIGNAS RI menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Kapolri yang telah menanggapi dan menerima permohonan Audiensi sebagaimana yang telah dilaksanakan hari ini, adapun tujuan audiensi ini adalah bahwa Kami dari BRIGNAS RI merasa penting untuk mensosialisasikan program kerja BRIGNAS RI dan sekaligus menyampaikan dukungan BRIGNAS RI terhadap 5 Program Prioritas Presiden Ir. H. Joko Widodo tahun 2023, terutama dalam hal urusan yang berkaitan dengan tugas fungsi Kepolisian Republik Indonesia

5 Program Prioritas Presiden Ir. H. Joko Widodo tahun 2023

1. Hilirisasi dan Industrialisasi Sumber Daya Alam;

2. Optimalisasi Sumber Energi Bersih dan Peningkatan Ekonomi Hijau;

3. Penguatan Perlindungan Hukum, Sosial, Politik dan Ekonomi Untuk Rakyat;

4. Melanjutkan Digitalisasi Ekonomi agar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM ) Indonesia segera Naik Kelas;

5. Keberlanjutan IKN dan Program PSN Lainnya.

Tema skala utama dalam audensi tersebut yaitu di poin yang ke tiga :

“ Penguatan Perlindungan Hukum, Sosial, Politik dan Ekonomi Untuk Rakyat” sesuai
Program prioritas Presiden Ir.H.Joko Widodo .

Kami BRIGNAS RI telah menyusun Program Kerja Prioritas tahun 2023 dengan menyelaraskan pada 5 Program Prioritas Presiden Ir. H. Joko Widodo tahun 2023

Program Kerja Prioritas BRIGNAS RI tahun 2023 :

1. Program Kerja Sosial

a. Melakukan Pendampingan Kesehatan Penderita Penyakit Berat Kronis Menahun dari Keluarga Tidak Mampu;

b. Melakukan Pendampingan Ekonomi bagi Masyarakat Berkebutuhan Khusus dari Keluarga Tidak Mampu;

2. Program Kerja Pemberdayaan

a. Melakukan Fasilitasi dan Pendampingan Pembentukan Kelompok Masyarakat Green Ekonomi Ketahanan Pangan;

b. Melakukan Fasilitasi dan Pendampingan Pembentukan Jaringan Pemasaran Produk Nasional Usaha Mikro;

3. Program Kerja Advokasi

Melakukan Advokasi Pendampingan dan Perlindungan Hak hak Masyarakat Miskin melalui Fasilitasi Pembentukan dan Pelayanan Rumah Advokasi Pengaduan Masyarakat di Desa/ Kelurahan di seluruh Indonesia;

4. Program Kerja Pengawasan oleh Masyarakat

Melaksanakan Pengawasan oleh Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang Bersih Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, Membangun Karakter dan Mental Kritis Masyarakat “PEDULI & BERANI LAPOR”

Hal ini sejalan dengan Visi BRIGNAS RI yaitu :

Menjadi Wadah Perkumpulan yang Mempersatukan Masyarakat Indonesia, Bergerak Bersama Memperjuangkan Hak – hak Dasar Rakyat untuk mendapatkan Keadilan sosial, Kesejahteraan ekonomi, Pelayanan Pendidikan, Kesehatan yang Layak dan Berkualitas, Keadilan Hukum, dan Mendorong Politik Bersih, Membangun dan mengisi Kemerdekaan Indonesia, Menjaga Kesatuan NKRI, Menjaga Nilai Luhur Adat Budaya Bangsa Indonesia, mengawal Penegakan Hukum, mengawal Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, melaksanakan Peran serta dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat

BRIGNAS RI memiliki Motto : “Gerakan Rakyat Menjaga NKRI”

Saat ditanya oleh awak media tentang Politik 2024 kemana arah BRIGNAS RI,

Dadang Batra Sunda Wijaya menjelaskan, saat ini BRIGNAS RI telah meliliki Pengurus Cabang 7 Koordinator Wilayah se Indonesia, 38 PC. Provinsi, 56 PC. Kabupaten/Kota, 15 PC. Kecamatan dan 39 PC. Desa/Kelurahan dan Jumlah ini terus bertambah sejalan dengan Pelaksanaan Program Kerja,

” Mengenai urusan Politik 2024 BRIGNAS RI tidak terlibat dalam Politik Praktis, dan BRIGNAS RI tidak dapat menghindar dari pembicaraan urusan Politik, berbicara urusan Politik BRIGNAS RI menempatkan diri dalam Politik Kerjasama Program Kerja Tidak dalam Politik dukung mendukung,” ungkapnya.

Masih menurutnya, maka dari itu BRIGNAS RI sangat terbuka kepada semua Pihak, Pelaku dan Partai Politik jika benar – benar bekerja untuk memperjuangkan kesejahteraan Rakyat, mari kita bekerja sama bergandengan untuk melaksanakan program – Program kerja dalam memperjuangkan kesejahteraan Rakyat yang tentunya mendukung Program Kerja BRIGNAS RI,” imbuhnya.

Disaat yang berbeda,
di konfirmasi via telpon Sekretaris Jenderal BRIGNAS RI Agus Krisdiyanto, maaf saya tidak ikut serta hadir dalam Audiensi tersebut di karenakan pada waktu yang bersamaan saya di tugaskan Ketua Umum untuk menindak lanjuti agenda Khusus yang juga sangat penting terkait Program Kerja BRIGNAS RI dan saya hanya menambahkan, dari penjelasan Ketua Umum yang saya dapatkan.

“Semua yang telah disampaikan dan dijelaskan oleh Ketua Umum adalah sesuai dengan apa yang telah menjadi kesepakatan organisasi, bahwa BRIGNAS RI akan fokus pada pelaksaan Program Kerja, membangun sinergi kerjasama dengan semua Pihak Pemerintah dan Swasta untuk mewujudkan Visi BRIGNAS RI, target kerja kami sangat tinggi untuk tahun 2023 ini kami menargetkan melaksanakan Program Kerja dengan target realisasi 100%,” jelasnya.

Ia menambahkan, ini tidak lah mudah misalkan saja untuk Program Fasilitasi Pembentukan Jaringan Pemasaran Produk Nasional Usaha Mikro kami menargetkan terbentuk di setiap kecamatan di Indonesia yaitu sekitar 7226 kecamatan dan terkoneksi dengan seluruh desa/kelurahan se Indonesia yang jumlahnya tidak sedikit sekitar 83.252 Desa/Kelurahan.

” Namun dengan semangat kerja seluruh pengurus BRIGNAS RI se Indonesia kami berkeyakinan target ini akan tercapai, maka itu kami di tuntut untuk Fokus pada Program kerja tidak pada hal hal lainnya,” tuturnya.

Menanggapi pelaksanaan Audiesi ini Brigjen Pol. Arif Rahman yang di dampingi Kombes. Andika Fisno dan Kompol. Alam Munajat, menjelaskan Kami Direktorat Sosbud Intelkam Mabes Polri mendapatkan Pelimpahan dari Bapak Kapolri untuk menerima Audeinsi ini.

” Bapak Kapolri menyampaikan tidak dapat menerima langsung saat ini Bapak Kapolri sedang agenda mendampingi Presiden,” tukasnya.

Dari uraian, yang di maksud dan tujuan yang di sampaikan oleh Ketua Umum BRIGNAS RI, Kepolisian Negara Republik Indonesia menyambut baik, dan Mendukung BRIGNAS RI, untuk melaksanakan Program Kerjanya yang kita lihat baik dan bagus sekali untuk melakukan kegiatan, sosial, pemberdayaan, advokasi dan pengawasan masyarakat, untuk NKRI, Kami akan menyampaikan hasil Audiensi ini dan apa yang menjadi Permohonan BRIGNAS RI Kepada Bapak Kapolri.

Syamsul Hilal, pengurus pusat Ketua.1 Bidang Sosial, (Dok istimewa TRS)

Di tempat terpisah Syamsul Hilal, pengurus pusat Ketua.1 bidang sosial menyampaikan bahwa Brignas RI sebuah organisasi sinergi dengan pemerintah ,tentunya program di Brignas RI sangatlah jelas sesuai apa yang di sampaikan dari Ketua Umum.

” Organisasi kemasyarakatan pada dasarnya dibentuk dengan tujuan untuk menjaga, memelihara, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Semua ormas, tak terkecuali Ormas terbesar di Indonesia memiliki kewajiban untuk tetap menjaga norma, etika, dan nilai-nilai moral dalam hidup bermasyarakat,” terang Syamsul.

Banner IDwebhost