oleh

Pertemuan R. Roni Yudiasmara, S.H. Bersama Pelukis Mata Uang Kertas Asal Yogyakarta Suatu Kebanggaan

Keterangan Foto : Pertemuan R. Roni Yudiasmara, S.H. Bersama Pelukis Mata  uang kertas Mujirun asal Yogyakarta.Dok : TRS/ Kribo

TRS / Jakarta – R.Roni Yudiasmara S.H, menghadiri acara INS (Indonesia Numismatic Show) yang terselengara di grand Mall Ciputra , Jakarta Barat pada hari Sabtu tanggal 4 Maret 2023 pekan lalu dengan tema ” Coin and Paper Money fair”. Dalam acara tersebut tak di sangka R.Roni Yudiasmara bertemu sang idola seorang desainer mata uang Indonesia yaitu bapak Mujirun .

Mujirun seorang pelukis ternama ia tamatan dari
Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI).Usia pelukis tersebut menginjak 65 th, walaupun usia sudah kepala enam Mujirun tampak begitu sehat dan energik .

R.Roni Yudiasmara menceritakan pertemuanya dengan pelukis kondang tersebut.

” Beliau adalah idola saya karena ketekunanya ia di nobatkan sebagai seorang engraver Indonesia. Ia mulai bekerja di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) tahun 1979 saat itu masih kuliah tingkat akhir di Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI) Yogyakarta,” tutur Roni , Sabtu (11/3/23).

Masih menurutnya, saat itu Peruri sedang mencari calon engraver atau pengukir gambar yang memang diperlukan dalam proses pembuatan uang kertas.

” Engraver merupakan proses pegamanan paling tinggi dalam pembuatan uang kertas. Maka beliau sebagai tenaga muda untuk mendampingi senior engraver di Peruri yang bernama Pak Sajirun. Kebetulan juga kedua engraver tersebut punya nama yang mirip,” tukasnya.

Pertama kalinya kami bertemu dengan beliau ini merupakan suatu kebanggaan yang tak ternilai saya sangat senang dan bangga, bisa bertemu dengan tokoh yang berjasa di masa itu.

Banyak hal yang di sampaikan kepada saya , keduanya berbincang-bincang hangat terkait sejarah keuangan dan hasil gambar uang kertas tempo dulu.

“Ini menjadi motivasi saya untuk selalu belajar di dunia seni , karena jiwa seni yang saya miliki perlunya masukan dari senior yang lebih mumpuni.Semoga beliau selalu di beri kesehatan dan panjang umur , terima kasih senior kita , salam hormat dari saya ,” pungkasnya.

By : Hrs / Kribo/ Yoel 

Banner IDwebhost