oleh

Ratusan Remaja Ikuti Seleksi Tamtama Polri di Polda Jateng

Foto : Polisi Menjadi Pilihan Hidup, Animo Seleksi Tamtama Polri di Polda Jateng cukup Tinggi.

TransindoNews l SEMARANG – Pendaftaran Tamtama Polri yang dibuka beberapa pekan lalu, diminati banyak remaja Jawa Tengah. Tercatat, 635 pendaftar berhasil diverifikasi panitia dan berhak mengikuti rangkaian seleksi yang dilaksanakan sejak 12 September lalu hingga 16 November 2022 mendatang.

Dalam seleksi yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur ini, para peserta Jateng bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia untuk mengisi lowongan 1500 tamtama Brimob dan 100 tamtama polisi perairan dan udara (Polairud).

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan, untuk pendaftar di tingkat Jateng tercatat 596 remaja mendaftar untuk lowongan Tamtama Brimob dan 39 remaja mendaftar lowongan Tamtama Polisi Air dan Udara (Polairud).

“Sejak tanggal 12 lalu, para peserta mengikuti seleksi administrasi l. Dari 635 peserta, 599 dinyatakan lolos. Para peserta yang lolos saat ini mengikuti tes kesehatan tahap l di Poliklinik Bhayangkara di Sendangmulyo, kota Semarang,” kata Kabidhumas, Kamis (29/9/22 )

Dirinya merinci, sejumlah tahapan tes harus dilalui para peserta seleksi sebelum akhirnya dinyatakan lulus.

Sejumlah tahapan tes tersebut antara lain :
1. pemeriksaan administrasi awal.
2. Tes Kesehatan l
3. Tes psikologi I
4. CAT akademik
5. Tes kesamaptaan jasmani
6. Sidang menuju tes kesehatan II
7. Tes kesehatan ll
8. Tes Psikologi ll
9. Pemeriksaan administrasi akhir
10. Supervisi
11.Sidang kelulusan akhir

“Polda Jateng menjamin, seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara bersih, transparan dan akuntabel. Tidak ada toleransi pada pelaku percaloan maupun pelaku kecurangan. Bila terbukti akan diproses pidana,” tambahnya.

Kabidhumas menambahkan, seleksi penerimaan anggota Polri secara rutin dibuka setiap tahunnya.

“Ada jenjang perwira yaitu jalur Akpol dan SIPSS, jenjang Bintara dan jenjang Tamtama,” tuturnya.

Untuk itu, dia meminta setiap remaja yang ingin menjadi anggota Polri untuk mempersiapkan diri sejak dini. Para peminat disilahkan menanyakan jadwal pembukaan seleksi di kantor Polsek dan Polres terdekat atau langsung membuka laman internet di alamat penerimaan.polri.go.id

“Bila ingin melihat pembukaan seleksi anggota polri, Silahkan buka laman resminya atau bisa langsung ditanyakan ke kantor polisi terdekat,” tandasnya

Para pelaku curang, tegas dia, dipastikan akan langsung di diskualifikasi dan diproses sesuai hukum yang berlaku

“Polri selalu mengedepankan seleksi yang bersih, transparan dan akuntabel. Dihimbau remaja yang ingin mengikuti seleksi tidak percaya dengan orang yang mengaku calo,” lanjut Kabidhumas.(Red).

Banner IDwebhost