oleh

Sutarso Kepala Desa Harjosari, Karang Pandan, Kab Karanganyar Bersama DPRD Provinsi Komisi B, Grebek Tikus

Foto : Lahan persawahan Kec Karangpandan, Karanganyar.

Karanganyar|Transindonews.comSerangan hama tikus kembali menyerang puluhan hektare sawah di wilayah Kab Karanganyar Jawa Tengah, salah satu Desa yang terkena dampak hama di dk, Pendem Desa Harjosari , Kec Karang Pandan, Kab Karanganyar, Jawa Tengah. untuk mengatasi masalah ini Kepala Desa Harjosari, mengandeng Dinas Pertanian Kab dan DPRD Propinsi, komisi B.

Bersama masyarakat dan Perangkat Desa Harosari, melakukan grebek tikus di lahan pertanian warga.
Grebekan hama tikus ini dilaksanakan karena banyaknya laporan warga sehingga pada hari ini dilaksanakan di beberapa titik, penggrebekan sarang tikus dengan cara pengemposan sarangnya dengan obat tikus yang di taruh di lobang tersebut.

Kepala Desa Sutarso menghimbau agar penggerebekan tikus ini dilakukan bersama-sama, itu akan lebih cepat tuntas “ Berbeda apabila dilakukan sendiri, maka dengan bersama – sama, besar kemungkinan akan lebih cepat pembasmianya dan juga lebih efektif waktu ,” tutur lelaki yang suka menjalankan kegiatan Relawan tersebut ,Kamis (25/8/21).

Masih Kata dia , dampaknya apabila usia tanamnya 40 hari itu sulit penanganannya di karenakan tanaman sudah tumbuh besar akan menyulitkan pengrebekan tikus ” Sehingga lebih dimaksimalkan grebek tikus dengan cara tidak memakai bahan kimia yang berbahaya, karena akan mengurangi kualitas padi nanti saat panen.
Bantuan maupun pengemposan ini dari Dinas dan sengkuyungan bersama ,” ungkapnya.

Setelah melakukan pembasmian di salah satu titik lahan sawah , warga di beri himbauan untuk pembasmian yang benar . Dalam sosialisasi tersebut pihak Dinas pertanian dan DPRD Propinsi memberikan pengarahan cara menangulangi hama tikus agar tidak bisa berkembang biak.

Salah satu warga Dk Pendem, Min (55) mengatakan, kepada awak media adanya giat basmi tikus ini sangat berarti bagi petani ” Selain rasa nyaman dan was-was terhadap tanamanya oleh hama, nendapat ilmu tata cara pembasmian tikus yang benar ,” pungkasnya.

Editor. :  Yoel

Banner IDwebhost