Spread the love

BANDUNG – Trasnsindonews.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meyakini Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri di bawah kepemimpinan Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto akan membuat polisi berseragam bisa lebih tegas namun humanis.

“Saya menyerahkan tugas dan tanggung jawab Kabaharkam kepada Bapak Komjen Arief Sulistyanto. Saya sampaikan bahwa di bawah kepemimpinan beliau maka polisi berseragam bisa menjadi polisi yang gagah, berwibawa, tegas namun humanis,” kata Listyo membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Baharkam Polri 2021 di Sespim Lemdiklat Polri, Lembang, Jawa Barat, Selasa (16/3).

Kapolri menyebut hampir 70 persen kegiatan polisi itu adalah preemtif, preventif, dan sisanya represif.

Dia menjelaskan preemtif dan preventif dilakukan oleh polisi berseragam yang representasinya sebagian besar ada di jajaran Baharkam, selain Korps Lalu Lintas dan Brigade Mobil (Brimob).

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini memerintahkan jajaran Baharkam untuk membuat program yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi untuk Keadilan).

Prediktif didapatkan dengan turun langsung membantu masyarakat.
Termasuk untuk mencegah kerusuhan, bencana alam kebakaran hutan dan lahan (karhutla), hingga pengawasan masyarakat melaksanakan protokol Covid-19.

“Bagaimana rekan-rekan bisa melaksanakan tugas-tugas dengan hati, sebab kalau tidak melaksanakan tugas dengan hati, maka yang akan dilakukan hanyalah suatu kewajiban saja,” kata Listyo.

Jenderal bintang empat ini menambahkan peran Baharkam Polri sangat vital dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Polri yang selalu ada di masyarakat, dekat dengan masyarakat, dan selalu ada di hati masyarakat. Oleh karena itu mohon izin Bapak Kabaharkam, agar Polri di jajaran Baharkam betul-betul bisa menjadi Polri yang mampu mengubah potret Polri,” kata Kapolri.

Pewarta :cuy/jpnn
Sumber Jpnn.com

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments