Spread the love

Wedangan JOYA atau WJ Hidangan Tradisional Berkonsep Kekinian .

Solo l Transindonews.com –
HIK konon singkatan dari Hidangan Istimewa Kampung. HIK dalam bahasa Jawa juga bisa berarti tempat duduk di emperan samping gapura kampung yg merupakan cikal bakal wedangan HIK yg selalu menempel di emperan.

HIK itu semacam warung angkringan, di ratusan titik lokasi di Solo raya. Biasanya mengambil space di dekat perempatan, pertigaan, emperan jalan, dengan tenda warna orange atau biru yang tidak tembus guyuran hujan. Ada lampu teplok, lampu minyak tanah dengan kaca penghalau angin. Si penjual duduk diantara dua gerobok kiri kanan, satu sisi ada anglo, tempat membakar dengan batu arang hitam.

Satu sisi lagi, biasanya untuk menanak air minum, untuk membuat wedang panas. Nama lain HIK juga “Wedangan”. Menu wedangan yg populer adalah Sego Kucing, nasi satu kepal, dibungkus daun pisang, dengan sesisir bandeng dan sambel. Mungkin, itu mirip makanan kucing, sehingga populer disebut sego kucing.

Angkringan jadi salah satu kuliner malam yang banyak dicari dan punya beragam pilihan menu dan rasa yang enak.

Menu yang biasa ditawarkan oleh angkringan adalah Nasi Kucing, aneka Sate, dan Wedang Jahe yang bisa menghangatkan tubuh Walaupun porsinya terbilang kecil, tapi banyak orang mengunjungi angkringan karena harganya terjangkau.

Angkringan juga asyik jadi tempat nongkrong, yang lebih menarik di beberapa angkringan menyediakan lesehan berupa tikar agar pengunjungnya lebih santai hemmm enak bukan, pastinya rugi dech jika kita tidak mampir ke Wedangan Joya (WJ) yang ada di Solo.

Wedangan JOYA atau WJ tepatnya di daerah Banyuanyar, Sumber, Solo, yang di gawangi oleh Catur , selain orangnya supel, pelayananya asik banget pokoknya bikin betah nongkrong dech.

Menu pilihanya beraneka ragam sehingga membuat banyak pengunjung tergoda.

Seperti Nasi Kucing dengan porsi kecil. Pilihannya ada isian Oseng Tempe, Bandeng, Teri, dan Rica-rica Ayam.

Selain nasi kucing, ada juga Nasi Pecel yang tak kalah enak. Aneka Satenya juga sangat beragam di sini. Ada sate usus, kikil, kulit ayam, sosis, udang, hingga koyor. Kalau mau makan bacem, ada pilihan tempe, tahu, dan hingga potongan daging ayam.

Angkringan ini punya suasana yang nyaman. Ada beberpa kursi dan meja untuk menikmati nasi kucing dan aneka tusukan sate di sini. Pilihan menu yang bisa kamu pesan juga sangatlah beragam.

Aneka satenya terdiri dari usus, kulit, telur puyuh, ati ampela, hingga ceker. Ada juga aneka tahu bakso, tempe goreng, tahu goreng dan bakaran yang tak kalah nikmat. Aneka gorengan ini semakin enak karena dibakar terlebih dahulu.

Tidak tanggung -tanggung setiap hari ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati kuliner di WEDANGAN JOYA ini dari kalangan komunitas motor dan lain-lain ayo buruan jika kita ke Solo jangan di lewatkan untuk mampir keĀ  Wedangan JOYA.

Salah satu pengunjung asal Gemolong, Sragen, Cetol mengatakan ” Menu di sini sangat komplit yang menjadi perbedaan di HIK atau wedangan tempat lain yaitu ada Nasi Pecelnya hemmm mantep dech rasanya pas buat menu di malam hari pokoknya ngeri-ngeri sedap, ” paparnya. (Red)

Editor : yoel

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments