oleh

Tambang Ilegal Ancaman Tersembunyi Bagi Lingkungan Jawa Timur

Agus Flores, Ketua Umum Persatuan Wartawan Fast Respon Counter Polri

TSN – JATIM –  Terkuak sudah setidaknya ada 10 lokasi tambang Ilegal di sejumlah daerah Kabupaten Jawa Timur diketahui, setelah Agus Flores, Ketua Umum Persatuan Wartawan Fast Respon Counter Polri bersama tim melakukan investigasi di beberapa wilayah.

Dalam pernyataannya, Selasa 19 Maret 2024, Raden Mas Agus Rugiarto SH.,MH, yang dikenal sangat anti dengan bisnis ilegal yang merugikan masyarakat dan negara ini menyampaikan kegelisahannya atas masifnya aktivitas tambang ilegal didaerah tersebut.

“Kami sangat terkejut dan khawatir setelah mengetahui bahwa kegiatan tambang ilegal begitu merajalela di sejumlah wilayah Jawa Timur, termasuk Kediri, Tulung Agung, Blitar, Tuban, Mojokerto, Lumajang, Banyuwangi, Probolinggo, dan Malang,” ungkap, Raden Mas Agus Rugiarto SH.,MH, akrab dengan sapaan, Agus Flores.

“Jelas ini akan menjadi Ancaman yang tersembunyi bagi Lingkungan Jawa Timur, ” kata Agus dengan kekhawatirannya.

Agus menuding adanya pihak-pihak tertentu yang berada di balik sulitnya penutupan tambang ilegal tersebut. “Kami menduga ada oknum-oknum yang terlibat dalam menjaga kelangsungan kegiatan ilegal ini,” tambahnya.

Permasalahan tambang ilegal bukanlah hal baru di Indonesia, namun ramainya kasus ini di Jawa Timur menimbulkan keprihatinan yang mendalam. Diperlukan langkah konkret dari pihak berwenang untuk memberantas praktik ilegal yang merugikan lingkungan dan masyarakat.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada komentar resmi dari pihak terkait. Namun, semua pihak baik itu masyarakat maupun stakeholder diharapkan bersatu dalam upaya memberantas tambang ilegal demi keberlangsungan lingkungan dan kesejahteraan hidup bersama.

–Tim/FRN –

Banner IDwebhost