Andalkan 2 Program, Kusumo Putro Maju Penjaringan Calon Wawali Kota Solo dari PDIP

BRM Dr. Kusumo Putro, S.H ( poto TSN )

SOLO l TSN – Tokoh masyarakat yang juga advokat, BRM Dr Kusumo Putro SH MH, menyatakan kesiapannya untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil walikota (cawawali) dalam Pilkada Kota Solo yang digelar pada Nopember 2024 mendatang. Ia bakal mendaftar melalui DPC PDIP Kota Solo.

Pria asli kelahiran Solo yang sepak terjangnya dalam dunia aktivis pergerakan sosial kemasyarakatan cukup dikenal luas itu, mengaku telah menyiapkan dua program unggulan sebagai bekal maju membangun Kota Solo bersama bakal calon walikota (cawali).

“Insya Allah, setelah melalui tahapan diskusi dengan sejumlah tokoh dan perenungan, serta adanya dukungan dari banyak kalangan, saya akan ikut penjaringan dengan mendaftar ke DPC PDIP Kota Solo sebagai bakal cawawali Kota Solo periode 2024-2029,” kata Kusumo, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Kusumo, dua program unggulan yang menjadi bagian dari visi misinya itu sejalan dengan visi misi PDIP sebagai partainya wong cilik, yaitu pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan menciptakan sebanyak mungkin lapangan kerja untuk menekan angka pengangguran.

“Saya mengapresiasi langkah DPC PDIP Kota Solo yang membuka penjaringan cawali dan cawawali secara terbuka, dan untuk umum. Dengan kata lain tidak untuk kader internal saja. Tentu saya juga berharap agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan transparan,” ujarnya.

Agar masyarakat luas juga mengenal para calon yang mendaftar, Kusumo pun berharap agar DPC PDIP Kota Solo membuat terobosan menggelar sebuah forum terbuka sebagai sarana para calon menyampaikan gagasannya. Dalam forum juga perlu dihadirkan tokoh masyarakat agar dapat menilai.

“Saya juga berharap penjaringan ini bukan sekedar kegiatan formalitas belaka, dengan kata lain jangan-jangan sudah ada calonnya. Makanya, adu gagasan dan visi misi melalui forum terbuka itu bisa menjadi parameter masyarakat secara transparan mengetahui isi kepala para calon. Bila perlu disiarkan secara langsung melalui kanal youtube, radio, dan tv lokal,” tegasnya di kutip iNews

Sebagai langkah awal, Kusumo yang menyatakan siap bertarung dalam penjaringan itu, akan mengambil formulir pendaftaran bakal cawawali ke sekretariat DPC PDIP Kota Solo di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres pada, Senin (15/4/2024) besuk.

Diketahui, DPC PDIP Kota Solo melalui Ketua Tim Penjaringan Kepala Daerah, Paulus Haryoto pada, Senin (8/4/2024) lalu menyampaikan, pendaftaran bakal cawali dan cawawali Kota Solo tidak hanya untuk kader internal PDIP saja, namun juga terbuka untuk tokoh masyarakat umum, bahkan berlaku untuk kader partai non PDIP.

“Kami ditugaskan oleh DPC untuk segera melaksanakan penjaringan bakal calon kepala daerah Solo 2024. Perlu kami sampaikan PDIP adalah partai yang terbuka, populis, memberikan kesempatan kepada seluruh warga masyarakat,” kata Paulus seperti dikutip dari akun FB miliknya.

Paulus menjelaskan, bukti nyata PDIP merupakan parpol yang terbuka adalah dibukanya jalur bagi figur dari luar partai untuk mendaftarkan diri. Pihaknya melakukan penjaringan secara internal dan eksternal.

“Artinya internal kader-kader PDIP sendiri boleh mendaftarkan, dan eksternal diberi kesempatan untuk melaksanakan atau mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah,” terangnya.

Pembukaan pendaftaran, lanjut Paulus, sudah sesuai instruksi DPP PDIP yang ditindaklanjuti dengan membentuk tim dan melakukan proses penjaringan dan penyaringan bakal cawali dan cawawali. Proses penjaringan dibuka mulai 9 April 2024 sampai dengan 24 Mei 2024

“Karena pada 31 Mei kami akan melaporkan hasil penjaringan ke DPP,” pungkas Paulus.

By : Nanang /iNews

Banner IDwebhost