oleh

Jangan Baper Lo Ya, Bagi yang Tidak Mendapatkan !!! Selamat Berbahagia Bagi Keluarga PKH Bulan Desember Bakal Terima Bansos Jor – Joran

Foto ilustrasi

PEMERINTAH // TSN – Pemerintah Indonesia, akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) pada Desember 2022 kepada masyarakat yang membutuhkan.

Terhitung ada banyak jenis bansos dan BLT yang akan dibagikan pada bulan Desember 2022, sehingga mulai dari sekarang masyarakat dapat melakukan cek dan daftar secara online melalui link yang akan dibagikan di sini.

Apa saja 12 bansos dan BLT yang akan cair pada Desember 2022 dan berapa nominal yang akan diterima?

Program Keluarga Harapan (PKH)
PKH adalah bansos yang diberikan kepada keluarga miskin yang telah terdaftar oleh pemerintah dan Anda dapat melakukan cek bansos secara online melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Nominal PKH berdasarkan 7 komponen, yaitu :

1. Ibu hamil dan (2). Anak usia dini masing-masing Rp250 ribu per bulan atau setara Rp3 juta per tahun.

3. Anak SD Rp75 ribu per bulan atau setara Rp900 ribu per tahun,

4. SMP Rp125 ribu per bulan atau setara Rp1,5 juta per tahun,

5. SMA Rp166 ribu per bulan atau setara Rp2 juta per tahun.

6. Disabilitas berat

7. lansia masing-masing Rp200 ribu per bulan atau setara Rp2,4 juta per tahun.

8. Bansos PKH disalurkan kepada penerima melalui Kartu Keluarga Sejahtera.

9. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)
BPNT adalah bansos pangan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat miskin berupa Kartu Keluarga Sejahtera yang berisi Rp200 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kartu tersebut dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari di e-warong terdekat, namun jika tidak digunakan bantuan ini akan tetap tersimpan dan diakumulasi.

Anda dapat melakukan cek bansos secara online melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

10. BLT Bahan Bakar Minyak (BBM)
BLT BBM diberikan kepada KPM program sembako/BPNT dan PKH, nelayan, ojek online, serta pelaku UMKM.

Nominal BLT BBM adalah Rp600 ribu per orang yang dibagi penyalurannya menjadi 2 tahap, September dan Desember 2022.

Di mana masing-masing tahap dapat dicairkan Rp300 ribu.

Penyaluran BLT BBM melalui PT Pos Indonesia dan bank Himbara. Anda dapat melakukan cek bansos secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

11, Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK)
PBI JK adalah bansos bukan berupa uang tunai, melainkan bantuan iuran kesehatan.

Bansos ini disalurkan oleh Kemensos kepada BPJS Kesehatan dan dapat dimanfaatkan oleh PBI JK yang terdaftar sebagai fakir miskin dan orang tidak mampu.

Nominal PBI JK adalah Rp42.000 per bulan adan Anda dapat melakukan cek bansos secara online di aplikasi Mobile JKN.

12. Program Indonesia Pintar (PIP)
Penerima PIP adalah anak sekolah yang berasal dari keluarga miskin dan terdaftar ada sebagai peserta PKH serta terdaftar di Dapodik.

Bagi anak SD nominal PIP adalah Rp450 ribu per tahun, SMP Rp750 ribu per tahun, dan SMA Rp1 juta.

Anda dapat daftar bansos secara online di link https://pip.kemdikbud.go.id/home.

13. Bansos yatim piatu
Bantuan sosial yatim piatu akan diberikan mulai Desember 2022 sebesar Rp200 ribu per bulan.

14. Bansos lansia
Bantuan sosial lansia akan diberikan mulai Desember 2022 sebesar Rp21 ribu per hari selama 31 hari atau setara Rp651 ribu per bulan kepada penerima yang berusia di atas 80 tahun.

Penyaluran bansos ini melalui bank Himbara akan diberikan langsung ke rumah masing-masing KPM atau bagi lansia tunggal yang tidak mempunyai keluarga bantuan akan dititipkan kepada RT ataupun RW setempat.

Bansos penyandang
disabilitas
Bansos penyandang disabilitas akan diberikan mulai Desember 2022 sebesar Rp21 ribu per hari selama 31 hari atau setara Rp651 ribu per bulan.

15. Bantuan Subsidi Upah (BSU)
Penerima BSU adalah pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan bergaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

Nominal BSU yang diterima oleh pekerja sebesar Rp600 ribu dan Anda dapat daftar bansos secara online di link lbsu.kemnaker.go.id

16. Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)
JKP diberikan kepada pekerja/buruh yang terkena PHK dan sebelumnya terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Nominal JKP sebesar 45% dari upah sebelumnya untuk 3 bulan pertama dan 25% untuk 3 bulan selanjutnya. Di mana upah yang dilaporkan adalah upah terakhir dengan batas maksimal Rp5 juta.

Mantan pekerja tidak perlu mendaftarkan diri karena akan terdaftar secara otomatis apabila memenuhi syarat.Anda dapat daftar bansos secara online di link https://account.kemnaker.go.id/auth/login dengan cara membuat akun SIAPkerja terlebih dahulu.

17. Kartu Prakerja
Kartu Prakerja adalah bansos pelatihan yang diberikan kepada pencari kerja, pekerja/buruh terkena PHK, atau pengusaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19.

Nominal Kartu Prakerja sebesar Rp3,5 juta, terdiri dari Rp1 juta untuk biaya pelatihan, insentif Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan, dan Rp150 ribu insentif survei kebekerjaan pasca mengikuti pelatihan.

Anda dapat daftar bansos secara online di link https://www.prakerja.go.id/.

18. BLT dana desa
Nominal BLT dana desa sebesar Rp300 ribu per bulan per KPM selama setahun dan diberikan kepada keluarga miskin, kurang mampu, kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19, dan belum menerima bantuan pemerintah lainnya.

Berbagai sumber // nkripost / ayobandung,com ,editor : yoel

Banner IDwebhost