oleh

Pusat Lembaga Kebudayaan Jawi YKDP Undha AUB Gelar Umbul Donga Ruwat Nagari

SOLO l TSN – – Momen bulan Sura bagi sebagian kalangan Jawa terutama trah Mataram memiliki makna yang cukup mendalam didalamnya. Karena itulah berbagai seremoni dilakukan untuk mengucapkan doa untuk keselamatan negara. Salah satunya melalui kegiatan bertajuk.

“Umbul Donga Ruwat Nagari” yang diselenggarakan Pusat Lembaga Kebudayaan Jawi, YKDP Universitas Dharma AUB Surakarta (Undha AUB Surakarta) pada Rabu (2/8/2023). Bahkan kegiatan tersebut turut diapresiasi oleh Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM) yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang diadakan Pusat Lembaga Kebudayaan Jawi YKDP Undha AUB Surakarta yang tujuannya untuk mendoakan negara ini agar aman dan damai. Beragamnya peserta yang hadir merupakan simbol Bhinnekaan Tunggal Ika. Peserta yang datang berasal dari yayasan FBM, lintas agama dan juga berbagai elemen masyarkat agar negaranya aman dan damai serta bersatu untuk membangun bangsa dan terpenuhi sepanjang masa,” ujar Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta, Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM., disela acara.

Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Surakarta, Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM., (dua dari kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan.
Dijelaskan Anggoro, pihaknya juga berharap sumber daya manusia (SDM) dari Undha AUB Surakarta menjadi manusia yang berbudaya. Terkait masalah budaya selama ini juga sangat ditekankan kepada civitas akademika Undha AUB Surakarta. Termasuk berbagai kegiatan yang bernuansa budaya selalu mengikutsertakan mahasiswa, sekaligus menanamkan nilai-nilai budaya kepada mahasiswa.

“Melalui Umbul Donga ini harapan kami sebagai pemerhati dan pecinta budaya mengingatkan bahwa kemajuan bangsa menjadi tanggungjawab bersama, maka dengan adanya kegiatan ini tidak terlepas dari upaya nguri-uri atau melestarikan kearifan lokal dan adat budaya yang ada untuk menguatkan jati diri manusia Indonesia,” tegas Anggoro.

Sementara itu, Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram, Dr. BRM Kusumo Putra, S.H., M.H., menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penyelenggaraan Umbul Donga Ruwat Nagari di kampus Undha AUB Surakarta.

Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram (FBM), Dr. BRM Kusumo Putra, S.H., M.H.

“Semoga acara seperti ini tetap lestari, terutama kepada Undha AUB Surakarta yang terus ikut melestarikan budaya Jawa. Acara seperti ini semoga saja terus digelar oleh Undha AUB Surakarta dan diikuti oleh universitas dan organisasi masyarakat maupun paguyuban lainnya. Khususnya para pelesari budaya Indonesia,” uungkap Kusumo.

Menurut Kusumo, tujuan dari kegiatan Umbul Donga tersebut sangat baik, karena memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar negeri ini tetap diberikan ketenteraman, keamanan dan masyarakat di negeri ini tetap damai. Sekaligus sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala berkat, rahmat dan hidayahnya yang diberikan kepada masyarakat Indonesia.

“Atas nama Forum Budaya Mataram saya mengapresiasi. Semoga acara seperti ini terus dilakukan oleh Undha AUB Surakarta dan bisa terus digelar selamanya,” ungkap Kusumo. (Sinikini.com/sls)

Banner IDwebhost