oleh

3 Cara Meracik Madu dan Herbal untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Jakarta l Selama ini mungkin kamu hanya mendapat informasi bahan apa saja yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Seperti madu, jahe, serai, atau pun temulawak.

Tapi mungkin kamu belum mengetahui secara seksama, bagaimana cara meracik madu dengan bahan herbal. Nah dr. (Cand.) Inggrid Tania, M.Si selaku Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), membagikan cara sehat meracik madu dengan bahan herbal agar dapat berfungsi optimal mendukung kesehatan tubuh.

Berikut 3 cara sehat yang dibagikan Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si dalam meramu dan meminum racikan madu dan herbal:

1. Cuci bahan

Meracik ramuan herbal didahului mencuci bahan-bahannya hingga bersih dalam air mengalir.

2. Takaran

Jahe sebanyak 20 gram dan Temulawak sebanyak 10 gram, diiris-iris, serta 1 batang serai cukup digeprek. Kemudian dimasukkan ke dalam 300 ml air mendidih, lalu rebus selama 10 menit dalam kuali tanah liat atau panci kaca atau panci stainless steel.

Setelah kompor dimatikan, diamkan 5 menit agar berkurang panasnya. Lalu saring dan tuang ke dalam gelas. Kemudian tambahkan 10 ml madu dan berikan perasan 1 buah jeruk nipis, lalu aduk hingga merata.

3. Waktu terbaik mengonsumsi

Waktu terbaik mengonsumsinya adalah sebelum makan agar penyerapannya lebih baik. Bisa pada pagi hari maupun sore hari.

Sbr : medcom.id

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.