oleh

Dampak Buruk Narkoba : Lapas Makassar Ajak Warga Binaan Perangi Narkoba Melalui Seminar

Dampak Buruk Narkoba : Lapas Makassar Ajak Warga Binaan Perangi Narkoba Melalui Seminar, (foto , istimewa dok TIB)

Editor : yoel

Makassar // TSN  – Penyalahgunaan Narkotika memiliki beragam dampak buruk bagi kehidupan manusia, bagai dua sisi narkoba menjadi zat yang bisa memberikan manfaat dan juga merusak kesehatan, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba namun hanya untuk proses penyembuhan, tetapi jika dipakai dalam dosis yang berlebihan bisa merusak kesehatan.

Dalam rangka penanggulangan pemakaian narkotika pada Warga Binaan Narkotika Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, mahasiswa Magang Mandiri Universitas Negeri Makassar Prodi Administrasi Negara selenggarakan seminar Bahaya Narkotika di Aula Lapas Kelas I Makassar. Kamis (17/11).

Kepala Bidang Pembinaan Narapidana Lapas Kelas I Makassar, Jayadikusuma bersama Kepala Pengamanan Lapas, Muhammad Ali membuka kegiatan ini dengan mengucapkan banyak terima kasih untuk teman-teman mahasiswa yang berani memerangi narkotika dan ikut memberikan perhatian terhadap warga binaan narkotika.

“Kita semua sudah sama-sama tau Narkoba memiliki dampak negatif yang begitu besar terlebih bagi kesehatan, lebih baik jika berhenti menggunakannya atau tidak memakai sama sekali. Untuk teman-teman Mahasiswa UNM terima kasih sudah memberikan perhatian kepada warga binaan hingga terwujudnya seminar ini” ungkap Jayadi.

Ratusan warga binaan Narkotika Lapas Makassar terlihat semangat menyimak materi dari Konselor Adiksi Balai Rehabilitasi  BNN Badokka Makassar, Rahmatullah, yang menyebutkan klasifikasi zat narkotika berdasarkan efek buruk bagi kesehatan.

“Teman teman perlu mengetahui Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, tidak hanya menjadi masalah kesehatan namun nyawa menjadi taruhannya” kata Rahmatullah.

Rahmatullah juga menyebutkan cara menghentikan kencanduan narkoba melalui beberapa hal dengan memperbanyak kegiatan yang positif, mengikuti pembinaan warga binaan di Lapas, lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, ingat kepada keluarga dan selalu berolahraga.

“Banyak cara untuk menghentikan Narkoba, paksa kemauan itu untuk menghindari dan berhenti menggunakan narkoba dengan berolahraga, melakukan kegiatan positif dan pembinaan lapas

Serta yang terpenting jika memiliki permasalahan, jangan sekali-sekali gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluarnya tetapi dekatkan diri kepada tuhan, karena semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya” tutup Rahmatullah.

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.