oleh

Tidak Main – Main Danlanal Banjarmasin Perintahkan Anggotanya Gelar Latihan Hadapi Perompak di Laut

Simulasi Anggota keamanan laut saat mengamankan Perompak ( Foto Istimewa ,Aan)

Banjarmasin l Transindonews.com-
Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Hebriyantoko,M.Tr di wakili Perwira Staf Operasi Mayor laut (P) Bambang Haryanto selaku Koordinator bersama 13 prajurit melaksanakan gelar latihan ISPS ( International Ship and Fort Fasility Security ) code bertempat Di perairan muara Barito Terminal office kapal permata Barito pada kordinat S 03, 41557 – F114, 299397 .

Hebriyandoko, M.Tr selaku Danlanal menerangkan bahwa Latihan tersebut di selenggarakan oleh PT. IMPT ( Indonesia Multi Purpose Terminal ) dan juga di ikuti unsur ke maritiman dari satuan 2FQR ( Fleet Quick Response ). Lanal Banjarmasin Polairud Dari Polda Kalsel, dan juga tak ketinggalan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KOP ), Kesataun Penjaga Laut Dan Pantai ( KPLP) serta melibatkan 44 personil dengan bersenjata lengkap, dengan menggunakan sarana satu Unit Rigid Hulled Inflatable Boat ( RHIB ). Satu Unit KP ,Satui XIII 2008 dan Satui Seat and Coast Guard KN.P 363 .

” Untuk meningkatkan ke amanan dan keselamatan Jiwa di laut safety of Life at sea ( Solas ) sebelum latihan di awali dengan pemaparan skanirio, jaring komonikasi, antar unsur operasi dan mempertimbangkan Faktor cuaca di laut ,” terangnya Kamis ( 03/02/22 ).

Adapun tujuan latihan ini di laksanakan meningkatkan sinergi dan kordinasi pada saat terjadi tindakan kejahatan dan kekerasan di perairan maupun pelabuhan Internasional terhadap kapal-kapal yang melintas maupun yang berlabuh.

” Baik dalam negeri maupun yang datang dari luar negri serta dapat mencegah lebih dini dan dapat mendeteksi lebih dini untuk meminimalisir kegiatan ilegal lainnya saat beraktivitas di laut ,” tegasnya.

Masih menurutnya, sehingga dapat memberikan rasa aman terhadap fasilitas kapal dan pengguna transportasi di sungai maupun di laut .

” Dalam latihan sesungguhnya menggambarkan aksi perompakan yang di lakukan Oleh para pembajak yang membawa senjata api atau bersenjata api yang dapat membahayakan para pengguna arus lalulintas di perairan dan di laut yang juga sering di dapati para perompak arau para pembajak yang sering didapati membawa senjata tajam dan senjata lainnya dan para perompak itu menggunakan speed Boat dan mensekati kapal yang sudah menjadi target para pembajak itu tak i kapal motor Manalagi Asti dan menaikinya dan memasukinya kemudian mencari para ABK untuk di jadikan Sandra para perompak atau pembajak kapal tersebut serta mengancam para ABK dan meminta uang tebusan sebesar 10 Milyar Rupiah ,” ungkapnya.

Melihat kejadian tersebut team ISPS langsung turun dan bergerak sangat cepat melaksanakan dan melakukan penyekatan, melumpuhkan dan melakukan penangkapan kepada para pelaku pembajakan kapal motor Manalagi Asti selanjutnya di lakukan penggeledahan dan penyelidikan guna proses hukum lebih lanjut .

Danlanal Banjarmasin juga mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kerjasamanya kepada semua unsur-unsur yang terlibat sehingga dengan adanya latihan dapat berjalan lancar dan aman tanpa adanya halangan atau kendala yang berarti.

” Terutama pada awak media yang saat itu juga ikut terlibat dan membantu untuk memberikaan informasi kepada masyarakat luas. Kegiatan latihan ini tidak hanya sampai disini saja namun akan adanya latihan – latihan berikutnya guna menambah dan memahirkan para anggota baik itu dari TNI AL khususnya maupun dari kepolisian ,” pungkasnya..

Pewarta : Aan

Banner IDwebhost

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.